Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): Cartesian Vol. 5 No. 1 November 2025

Pengembangan Buku Ajar Matematika Terintegrasi Al-Qur'an Pada Materi Himpunan Kelas VIII

Nafilatul Khusna (Unknown)
Iesyah Rodliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Siswa di sekolah berbasis islami menganggap matematika tidak berkaitan dengan agama islam, khususnya Al-Quran. Sehingga motivasi belajar menjadi rendah, dan rasa ingin tahu yang dimiliki juga berkurang. Hal tersebut mengakibatkan hasil pembelajaran matematika murid di SMP Terpadu Al-Chodidjah masih terbilang rendah dikarenakan siswa belum mampu dalam memecahkan masalah matematika. Studi ini bermaksud untuk menguraikan keefektifan, kepraktisan serta kevalidan buku ajar matematika terintegrasi Al-Quran dimateri himpunan kelas VIII. Lalu dalam studi ini menerapkan model ADDIE. Studi ini dilaksanakan di SMP Terpadu Al-Chodidjah. Subjek dalam studi ini yaitu murid kelas VIII yang dijadikan kelas uji lapangan serta uji coba. Instrumen yang dipakai yaitu lembaran validasi buku ajar untuk mengamati kevalidan, lembar angket respon murid untuk mengamati kepratisan, serta lembaran tes hasil belajar untuk mengamati keefektifan. Studi ini menghasilkan jika buku ajar yang dikembangkan mencapai persentase nilai rata-rata 82% dengan kriteria valid. Sedangkan kepraktisan buku ajar menunjukkan persentase nilai rata-rata sebesar 74,23% dengan kriteria praktis. Selain itu, keefektifan buku ajar diperoleh dari hasil uji kompetensi siswa dengan ketuntasan nilai mencapai 80%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cartesian

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Redaksi menerima tulisan yang relevan dengan pengembangan ilmu di bidang pendidikan matematika. Tulisan belum pernah diterbitkan pada media cetak dan atau online lain, serta harus asli (bukan plagiat) hasil pemikiran, penelitian dan pendapat disertai acuan/pustaka. Petunjuk penulisan bagi Penyumbang ...