Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 14 No. 2 (2025)

Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita teorema Pythagoras berdasarkan teori Kastolan

Rahmadani, Ananda Sholikhatul (Unknown)
Rahmadani, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa mengalami kendala menyelesaikan soal cerita Teorema Pythagoras, sehingga perlu adanya analisis secara mendalam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai kesalahan siswa dalam memecahkan permasalahan soal cerita Teorema Pythagoras. Teori yang digunakan mengacu pada klasifikasi kesalahan menurut Kastolan, yang mengelompokkan kesalahan menjadi tiga bagian, yaitu konseptual, prosedural, dan teknik. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak tiga siswa dari kelas VIII di SMP Tamansiswa  Kota Malang. Ketiga siswa tersebut dipilih secara purposive sampling dari total 20 siswa yang ada. Instrumen berupa soal tes dan panduan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kesalahan konseptual terjadi karena siswa belum mampu memahami konteks soal dan mengaitkannya dengan konsep dasar Teorema Pythagoras serta melakukan kesalahan dalam menuliskan dan menerapkan rumus. Kesalahan prosedural muncul akibat ketidaktepatan dalam menyelesaikan langkah-langkah perhitungan, seperti tidak menuliskan jawaban akhir sesuai permintaan soal, tidak menyederhanakan bentuk akar, dan kesalahan dalam prosedur penyelesaian. Adapun kesalahan teknik terjadi karena siswa salah dalam menuliskan triple Pythagoras dan keliru dalam melakukan perhitungan kuadrat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...