Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2025): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Studi pustaka mengenai metode komunikasi Nabi Muhammad dalam Pendidikan Islam

Mutmainnah, Fatia Auliya (Unknown)
Syam, Ruqoyyah (Unknown)
Amani, Nabila (Unknown)
Arbiani, Ere Mardella (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kembali metode komunikasi yang dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam konteks pendidikan, serta mengeksplorasi relevansinya bagi pendidikan Islam. Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai seorang pendidik besar (mu’allim) dan keberhasilannya sebagian besar disebabkan oleh strategi komunikasinya yang efektif, humanis, dan kontekstual. Kajian ini fokus pada konsep komunikasi berlandaskan Al-Quran dan Sunnah, meliputi dimensi-dimensi seperti komunikator (Nabi), pesan (ajaran Islam), dan media atau metode yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, yaitu menganalisis sumber-sumber primer, seperti Al-Quran dan Hadits, serta sumber-sumber sekunder, seperti literatur tentang komunikasi Islam. Analisis menunjukkan bahwa metode komunikasi Nabi, seperti al-Hikmah (Kebijaksanaan), Mau’izzah Hasanah (Nasihat yang Baik), Mujadalah Billati Hiya Ahsan (Diskusi dengan Cara Terbaik), keteladanan (uswah hasanah), sangat relevan untuk mengatasi tantangan pendidikan modern yang sering mengabaikan pengembangan karakter, dikarenakan metode-metode tersebut merupakan metode dengan model pedagogi yang sangat relevan bagi pendidikan Islam modern. Melalui metode-metode tersebut dapat disimpulkan bahwa, keberhasilan beliau sebagai mu’allim terletak pada strategi landasan teologis dan metode pendidikan yang berlandaskan Al-Quran dan Sunnah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...