Pertumbuhan jumlah penduduk secara langsung memengaruhi peningkatan jumlah kendaraan bermotor di jalan raya, yang pada akhirnya menuntut sistem keselamatan berkendara yang lebih optimal. Salah satu komponen penting dalam menjamin keselamatan tersebut adalah sistem pengereman, di mana rem cakram menjadi pilihan utama karena efisiensi dan kemampuannya dalam disipasi panas.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa sistem rem cakram pada sepeda motor berkapasitas 110cc, dengan fokus pada hubungan antara gaya pengereman dan berbagai parameter teknis. Analisis dilakukan pada rentang kecepatan 40 hingga 80km/jam serta jarak pengereman antara 5 hingga 40 meter. Perhitungan mempertimbangkan diameter piston master silinder sebesar 12 mm dan piston kaliper 24 mm, serta gaya tekan tangan pengendara mulai dari 50 N hingga 397 N.Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan gaya pada tuas rem akan meningkatkan tekanan hidrolik dan gaya gesek antara kampas rem dan cakram, yang berdampak pada pemendekan jarak pengereman. Namun, gaya melebihi 397 N berpotensi menimbulkan ketidak nyamanan bagi pengendara. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan sistem pengereman sepeda motor yang mengutamakan efektivitas dan kenyamanan pengguna
Copyrights © 2025