Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca memahami teks bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 Kota Makassar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI 8 dan XI 9 dengan jumlah 60 siswa yang ditetukan dengan total sampling. Data instrumen penelitian diperoleh melalui tes kemampuan membaca memahami teks bahasa Jerman yakni mehrfalchaluswalhl, richtig-fallsch, jal oder nein dan angket. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca memahami teks bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 Kota Makassar berada pada kategori baik (68%). Hal ini dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat yang datanya diperoleh melalui angket. Faktor pendukung meliputi: siswa memiliki minat yang tinggi dalam mempelajari bahasa Jerman, menunjukkan semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jerman dan termotivasi oleh apresiasi guru melalui pemberikan nilai yang baik, serta terbantu dengan metode pembelajaran guru yang menarik. Adapun faktor penghambat meliputi: siswa mengalami kesulitan dalam memahami kata atau kalimat bacaan bahasa Jerman, mengalami hambatan dalam mengucapkan kosakata atau kalimat dalam teks bacaan Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Memahami, Teks Bahasa Jerman
Copyrights © 2025