Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 8 No. 4 (2025): November

Diseminasi Toefl Pragmatics Listening: Web-Mediated Strategies and Audio Visuals sebagai Media Belajar Mandiri

Arifuddin, Arifuddin (Unknown)
Amin, Muhammad (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
Arafiq, Arafiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa skor TOEFL mahasiswa program sarjana (S1) dan program bahasa Inggris magister (S2), guru bahasa Inggris, bahkan dosen bahasa Inggris di Indonesia masih rendah.  Skor rata-rata TOEFL guru dan dosen bahasa Inggris di Indonesia, secara nasional, masih rendah yaitu 390.50 (Saukah, 2000). Ini menjadi ‘permasalahan’ serius, padahal peluang untuk mendapatkan pemahaman makna pragmatik melalui percakapan dan aktifitas berbahasa Inggris lisan lainnya sangat besar bagi mahasiswa, guru, dosen, dan publik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan melakukan diseminasi TOEFL Pragmatics Listening: Web-mediated Strategies and Audio Visuals. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Agustus 2025 di SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat melalui diseminasi materi tentang sejarah penuliasn buku, demo penggunaan buku dan diskusi yang diikuti oleh MGMP Bahasa Inggris Lombok Barat.  Kegiatan pengabdian kemitraan ini menghasilkan: a) Pemahaman mengenai strategi belajar mandiri TOEFL Listening melalui buku ini sebagai realisasi pemanfaatan hasil riset oleh masyarakat; dan b) Artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan diseminasi buku TOEFL Pragmatics Listening: Web-mediated Strategies and Ausidovisual berlangsung dengan lancar dan memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman tenang seluk-beluk TOEFL Listening dan penggunaan buku TOEFL Pragmatics Listening.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...