Aslama: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2025): Aslama: Jurnal Pendidikan Islam

Implementasi Metode Bercerita Dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Publik Speaking

Nur I`ismah (Unknown)
Noor Amirudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2025

Abstract

Sekolah pada dasarnya mengubah mentalitas dan perilaku seseorang atau kelompok dengan tujuan akhir untuk mengembangkan orang melalui pendidikan atau persiapan. Salah satu teknik instruktif dalam pendidikan sekolah mencakup beberapa strategi, strategi ini adalah strategi bercerita. Eksplorasi ini diharapkan dapat menentukan pelaksanaan teknik bercerita dalam pelatihan Islam pada diskusi publik siswa kelas 7 di SMP NU 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan strategi subjektif dengan jenis eksplorasi subjektif tersendiri yang memanfaatkan prosedur pengumpulan informasi melalui persepsi, pertemuan dan dokumentasi. Eksplorasi ini mengkaji penggunaan teknik bercerita dalam kesadaran sekolah Islam yang dipacu oleh pentingnya melibatkan strategi dalam mencari cara untuk membentuk kepribadian siswa dalam berbicara. Sebagai suatu jenis pengajaran yang memberikan model yang asli melalui tokoh-tokoh dalam narasi yang dibuat atau diceritakan. Strategi berdakwah Islam di SMP NU 1 Gresik dalam pembinaan siswa kelas 7 ini mempunyai unsur pendukung antara lain guru, iklim dan aset pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aslama

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Mathematics Other

Description

Aslama: Jurnal Pendidikan Islam (JPI) is a national journal managed by the Faculty of Islamic Religion Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published by the Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya two times a year (in June and December), contains ...