Seluruh tagihan yang dikeluarkan oleh agen pelayaran atas nama ship owners sehubungan dengan pelayanan kapal yang dilakukannya sering kali disebut sebagai Final Disbursement Account (FDA). Tujuan utama dari makalah ini adalah mengupayakan penyelesaian FDA dari berbagai macam kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, dokumentasi, dan interview/wawancara. Adapun kendala yang menyebabkan terhambatnya penyusunan Final Disbursement Account (FDA) antara lain terdapat beberapa biaya dan lampiran dokumen pendukung yang tidak terkumpul, keteledoran dalam menyimpan berkas sehingga menyebabkan beberapa dokumen hilang dan tercecer, kurangnya informasi dan tenaga sumber daya manusia tambahan dalam menunjang keefesienan kegiatan operasional perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan tiga hari setelah kapal berangkat pihak admin perusahaan menghubungi instansi terkait mengenai penerbitan tagihan jasa kepelabuhan yang telah digunakan, memonitor setiap dokumen yang datang di perusahaan, melakukan pengonfirmasian ulang mengenai beberapa biaya yang belum dilaporkan oleh pihak boarding kapal agar dapat dilakukan proses pendataan, mengelompokkan setiap dokumen ke dalam folder tertutup, memberikan pelatihan dengan mendatangkan sumber daya manusia yang sudah ahli di bidangnya. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan dapat melakukan pencadangan data, membuat Standart Operating Procedure (SOP) guna memastikan pekerjaan dilakukan dengan konsisten, efisien, dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dijalankan oleh perusahaan.
Copyrights © 2025