Mammiri: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2025): Oktober 2025

Workshop Model dan Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Madani Alauddin Makassar

Setiawan, Trisno (Unknown)
Said, Sukmawati (Unknown)
Mega Savira Utami, Ni Wayan (Unknown)
Irfanita, Resky (Unknown)
Nur, Wahyuna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi penting dalam pendidikan Indonesia yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa, penguatan kompetensi, serta pengembangan keterampilan abad ke-21. Namun, masih banyak guru yang menghadapi kendala dalam mengintegrasikan model pembelajaran dengan asesmen yang sesuai. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk workshop di Madrasah Madani Alauddin Makassar dengan melibatkan 25 guru dari berbagai jenjang pendidikan. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, diskusi, simulasi, serta evaluasi melalui angket (pre-test dan post-test), observasi, dan wawancara singkat. Hasil pre-test menunjukkan rendahnya pemahaman guru terkait model pembelajaran (28%) dan asesmen (25%). Setelah workshop, terjadi peningkatan signifikan dengan 82% peserta lebih percaya diri merancang pembelajaran adaptif dan 79% memahami asesmen autentik. Observasi menunjukkan keterlibatan aktif peserta dalam diskusi kelompok, simulasi, dan presentasi, sementara 85% peserta menyatakan workshop bermanfaat serta dapat langsung diadaptasi di kelas. Dengan demikian, workshop ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mammiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MAMMIRI: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang mewadahi hasil-hasil penelitian untuk kepentingan masyarakat. Dengan fokus penerapan hasil-hasil penelitian di bidang ilmu pengetahuan, teknosains, teknologi lingkungan, ilmu pendidikan, tanaman obat dan farmakologi, jurnal ini menjadi ...