INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 2 (2025): INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat

Pelatihan Tari Tradisional Bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Mangarabombang Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi dan Pelestarian Budaya

Jamilah, Jamilah (Unknown)
Sahnir, Nurachmy (Unknown)
Rahma, Rahma (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)
Setianingsih, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Pelestarian seni tari tradisional di tingkat sekolah dasar menghadapi berbagai tantangan, terutama keterbatasan kompetensi guru dalam mengajarkan materi tari yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memahami gerak dasar tari tradisional Sulawesi Selatan dan menerapkan strategi pembelajaran seni tari yang kreatif dan menyenangkan. Mitra kegiatan adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus VI Kecamatan Mangarabombang yang terdiri dari guru sekolah dasar. Materi pelatihan mencakup pemahaman gerak dasar, teknik koreografi sederhana, dan model pembelajaran seni tari untuk jenjang SD. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif guru, meningkatnya pemahaman tentang teknik dasar tari tradisional, serta kemampuan menyusun pola ajar tari sederhana untuk siswa SD. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kompetensi guru serta memperkuat upaya pelestarian budaya lokal melalui jalur pendidikan dasar. Kata kunci: Tari tradisional, Kompetensi guru, KKG, pelestarian budaya, Pendidikan Dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inovasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...