Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Analisis Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menerapkan Disiplin Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 5 Medan

Isdya, Liswidowati (Unknown)
Adlina, Zuraidah (Unknown)
Kesuma, Sapta (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan disiplin peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Informan meliputi kepala sekolah, guru PPKn, wali kelas, dan 15 peserta didik. Teknik analisis menggunakan model Miles & Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 memberikan pengaruh positif terhadap kedisiplinan peserta didik, terlihat dari meningkatnya tanggung jawab, ketepatan waktu, dan keterlibatan dalam pembelajaran. Namun kendala masih ditemukan, seperti keterbatasan sarana, rendahnya keterlibatan orang tua, serta ketidakkonsistenan beberapa guru dalam menerapkan P5. Kesimpulannya, P5 berkontribusi signifikan dalam pembentukan disiplin siswa tetapi memerlukan dukungan dan kolaborasi seluruh komponen sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...