Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan disiplin peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Informan meliputi kepala sekolah, guru PPKn, wali kelas, dan 15 peserta didik. Teknik analisis menggunakan model Miles & Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 memberikan pengaruh positif terhadap kedisiplinan peserta didik, terlihat dari meningkatnya tanggung jawab, ketepatan waktu, dan keterlibatan dalam pembelajaran. Namun kendala masih ditemukan, seperti keterbatasan sarana, rendahnya keterlibatan orang tua, serta ketidakkonsistenan beberapa guru dalam menerapkan P5. Kesimpulannya, P5 berkontribusi signifikan dalam pembentukan disiplin siswa tetapi memerlukan dukungan dan kolaborasi seluruh komponen sekolah.
Copyrights © 2025