LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 4 (2025)

REKONSTRUKSI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK DALAM SYARIAT ISLAM: ANALISIS KRITIS TERHADAP IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Amelia, A’vi (Unknown)
Fikri, A’la Nirotul (Unknown)
Erlina, Erlina (Unknown)
Ghazi, Fachrul (Unknown)
Kholid, Idham (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

This article reconstructs the concept and practice of fulfillment of children's rights is a fundamental issue in social and educational development, encompassing not only legal and social aspects but also spiritual dimensions. From the perspective of Islamic Sharia, children are considered divine trusts endowed with inherent rights to life, growth, education, and protection from all forms of violence and injustice. However, the practical implementation of these rights within contemporary Islamic educational institutions still faces structural and cultural challenges. This study critically analyzes the reconstruction of children’s rights within Islamic law and their implementation in modern Islamic education. Using a Systematic Literature Review (SLR) method, the study synthesizes findings from 16 academic articles published between 2015 and 2025 in databases such as SINTA, DOAJ, and Google Scholar. The results indicate that (1) Islamic principles of child protection are rooted in the objectives of Sharia (maq??id al-syar?‘ah), particularly ?if? al-nafs, ?if? al-‘aql, and ?if? al-nasl; (2) a significant gap persists between normative Islamic values and actual implementation in educational institutions; and (3) reconstructing child rights fulfillment requires integrating values of compassion (rahmah) and maq??id-based frameworks into curricula, teacher training, and institutional policies. This study underscores the urgency of developing a child-friendly, justice-oriented Islamic education system grounded in holistic protection of children’s rights. ABSTRAKPenelitian ini merekonstruksi konsep dan praktik pemenuhan hak-hak anak merupakan isu fundamental dalam pembangunan sosial dan pendidikan yang tidak hanya berdimensi hukum dan sosial, tetapi juga spiritual. Dalam perspektif syariat Islam, anak dipandang sebagai amanah Allah yang memiliki hak-hak dasar untuk hidup, tumbuh, memperoleh pendidikan, serta dilindungi dari segala bentuk kekerasan dan ketidakadilan. Namun, praktik pemenuhan hak anak dalam lembaga pendidikan Islam kontemporer masih menghadapi beragam tantangan, baik secara struktural maupun kultural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis rekonstruksi pemenuhan hak-hak anak dalam syariat Islam serta implementasinya dalam pendidikan Islam masa kini. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 16 artikel ilmiah yang terbit antara tahun 2015–2025 dari basis data SINTA, DOAJ, dan Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prinsip perlindungan anak dalam Islam berakar pada maq??id al-syar?‘ah, khususnya dalam aspek ?if? al-nafs, ?if? al-‘aql, dan ?if? al-nasl; (2) terdapat kesenjangan antara nilai-nilai normatif syariat dan realitas implementasi di lembaga pendidikan Islam; serta (3) rekonstruksi pemenuhan hak anak dapat dilakukan melalui integrasi nilai rahmah dan maq??id al-syar?‘ah dalam kurikulum, pelatihan guru, serta kebijakan kelembagaan. Penelitian ini menegaskan pentingnya paradigma pendidikan Islam yang ramah anak, berkeadilan, dan berorientasi pada perlindungan hak anak secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...