JIES : Journal of Islamic Economics Studies
Vol. 6 No. 3 (2025): Oktober

Pengaruh Tingkat Inflasi Dan Penjualan Mobil Listrik BYD Sebagai Kompetitor Terhadap Penjualan Mobil Pada PT Astra International Tbk.

Shodiq, Jafar (Unknown)
Sopingi, Imam (Unknown)
Musfiroh, Anita (Unknown)
Yuni K, Kusnul Ciptanila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

PT Astra International Tbk merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, namun kinerja penjualannya dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti inflasi dan persaingan dengan merek mobil listrik khususnya BYD dari China. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kedua faktor tersebut mempengaruhi penjualan mobil Astra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan meliputi data bulanan/tahunan tingkat inflasi (dari Bank Indonesia), volume penjualan mobil BYD di Indonesia (dari Gaikindo atau sumber industri), dan penjualan mobil PT Astra International Tbk (dari laporan keuangan perusahaan) selama 5 tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat inflasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap penjualan mobil Astra, dimana peningkatan inflasi berdampak pada penurunan volume penjualan. Dan penjualan mobil BYD memiliki pengaruh Positif namun tidak signifikan terhadap penjualan Astra, hal ini mengindikasikan bahwa persaingan dengan BYD sangat menggerus pasar AstraKeywords: Inflation, BYD, PT Astra International Tbk, Car Sales.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jies is a semi annual journal published by the Islamic Economics Study Program, Faculty of Economics, Hasyim Asyari University, Tebuireng. Jies accepts original scientific papers that have never been published in Economics, Islamic Public Economics, Islamic Monetary Economics, Islamic Business ...