ABSTRACT The use of QRIS has significantly changed student consumption behavior. Through the adoption of QRIS, students tend to choose QRIS over other payment methods. This study aims to analyze the effect of QRIS use on the consumption behavior of students of the Faculty of Economics, class of 2021–2024 at Campus II, Achmad Yani University, Banjarmasin. The methods used are validity, reliability, classical assumptions, simple linear regression, t-test, and coefficient of determination (R²). Of the 122 students, 86 respondents were selected through purposive sampling with QRIS user criteria. Primary data were obtained through questionnaires. The results show that QRIS use has a positive and significant effect on student consumption behavior. The regression equation Y = -0.405 + 1.229X shows that an increase in one unit of QRIS use increases consumption behavior by 1.229 units. The significance value of the t-test of 0.000 (<0.05) confirms a statistically significant effect. The coefficient of determination (R²) of 35.4% indicates that QRIS explains most of the variation in consumption behavior, with the remainder influenced by other factors. A total of 83.7% of students use QRIS for basic needs such as groceries, stationery, and entertainment (streaming, cinema), while 80.2% use it for food and beverages at cafes, restaurants, or food stalls. The ease and accessibility of QRIS encourages increased consumer behavior. Educational institutions and financial planners can consider digital financial literacy programs to encourage wiser consumption. ABSTRAK Penggunaan QRIS telah mengubah secara signifikan perilaku konsumsi mahasiswa. Melalui adopsi QRIS dimana mahasiswa cenderung memilih QRIS dibandingkan metode pembayaran lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan QRIS terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2021–2024 di Kampus II Universitas Achmad Yani Banjarmasin.Metode yang di gunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Variabel yang digunakan adalah penggunaan QRIS (X) sebagai variabel independen dan perilaku konsumsi (Y) sebagai variabel dependen. Dari 122 mahasiswa, 86 responden dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria pengguna QRIS. Data primer diperoleh melalui kuesioner Hasil menunjukkan bahwa penggunaan QRIS berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Persamaan regresi Y = -0,405 + 1,229X menunjukkan bahwa peningkatan satu satuan penggunaan QRIS meningkatkan perilaku konsumsi sebesar 1,229 satuan. Nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 (< 0,05) menegaskan pengaruh yang signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 35,4% menunjukkan bahwa QRIS menjelaskan sebagian besar variasi dalam perilaku konsumsi, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sebanyak 83,7% mahasiswa menggunakan QRIS untuk kebutuhan pokok seperti sembako, alat tulis, dan hiburan (streaming, bioskop), sedangkan 80,2% menggunakannya untuk makanan dan minuman di kafe, restoran, atau warung makan. Kemudahan dan aksesibilitas QRIS mendorong peningkatan perilaku konsumtif. Institusi pendidikan dan perencana keuangan dapat mempertimbangkan program literasi keuangan digital untuk mendorong konsumsi yang lebih bijak.
Copyrights © 2025