Abdi Kimia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Edisi Desember

TRANSFORMASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ESD UNTUK MENGEMBANGKAN KESADARAN LINGKUNGAN MAHASISWA CALON GURU

Side, Sumiati (Unknown)
Yunus, Muhammad (Unknown)
Ashari, Ayu (Unknown)
Agussalim, Hastuti (Unknown)
Ilyas, Nita Magfirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Integrasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pendidikan guru merupakan langkah strategis untuk merespons krisis lingkungan global, namun praktiknya sering terkendala oleh kesenjangan antara pengetahuan dan tindakan (knowledge-action gap). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap ESD untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa Pelatihan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan mahasiswa calon guru kimia. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata skor pemahaman peserta dari 31,50 pada kondisi awal menjadi 42,20 setelah pelatihan. Dengan demikian, kegiatan ini dapat membekali calon guru dengan fondasi konsep dan kesiapan implementasi nilai-nilai keberlanjutan yang krusial untuk pembelajaran kimia masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdikimia

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural ...