Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis project-based learning dan literasi teknologi terhadap motivasi belajar, dampaknya terhadap hasil belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa UPT SPF SMP Negeri 18 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan Project-Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 18 Makassar. Penerapan PjBL terbukti mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik sehingga berdampak langsung pada pencapaian hasil belajar ekonomi mereka. Selain itu, PjBL juga memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, di mana keterlibatan dalam proyek nyata mendorong tumbuhnya rasa tanggung jawab dan semangat belajar. Pengaruh PjBL terhadap hasil belajar ekonomi semakin kuat ketika dimediasi oleh motivasi belajar, yang berarti motivasi menjadi faktor penting yang memperkuat hubungan antara PjBL dan hasil belajar ekonomi. Sementara itu, literasi teknologi juga memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik. Peserta didik yang memiliki literasi teknologi yang baik cenderung mampu mengakses informasi dan sumber belajar lebih efektif, sehingga berdampak pada hasil belajar ekonomi yang lebih baik. Kata Kunci: Project-Based Learning; Literasi Teknologi; Hasil Belajar; Motivasi Belajar
Copyrights © 2025