JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Studi Kasus terhadap Analisis Pemakaian Afiks di dalam Pengembangan Lema Menjadi Sublema

Meriska, Aura (Unknown)
Situngkir, Rosenta L (Unknown)
Gultom, Endang Aristianti (Unknown)
Sinaga, Wike Afsari Br (Unknown)
Sitinjak, Felicia Joice (Unknown)
Tansliova, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemakaian afiks, khususnya infiks, dalam pengembangan lema menjadi sublema pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Fenomena lema berinfiks menunjukkan bahwa sejumlah bentuk turunan sering dicatat sebagai lema mandiri tanpa penjelasan mengenai proses pembentukannya, sehingga hubungan antara kata dasar dengan bentuk berinfiks menjadi kurang jelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa lema-lema berinfiks dalam KBBI, baik versi cetak maupun daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidakkonsistenan dalam pencatatan lema berinfiks, baik dalam penempatan, pemberian rujukan silang, maupun penjelasan proses morfologisnya. Selain itu, produktivitas infiks dalam bahasa Indonesia modern cenderung menurun, namun tetap memiliki pola pembentukan yang sistematis. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembaruan struktur lema berinfiks dalam KBBI agar lebih selaras dengan teori morfologi dan memudahkan pengguna memahami hubungan antar kata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...