Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat Pelatihan Manajemen Pemasaran UMKM di sekitar Objek Wisata di laksanakan di Desa Likupang Dua, Minahasa Utara dalam hal pengelolaan dan strategi pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi analisis situasi, dan penyampaian materi dengan ceramah interaktif serta diskusi. Materi yang diberikan mencakup manajemen pemasaran, strategi promosi, branding produk dan penggunaan media digital sebagai sarana pemasaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kapasitas literasi dan pengetahuan peserta. Sebanayak 87% peserta mengaku mendapatkan pemahaman baru terkait manajemen pemasaran UMKM. Kegiatan ini memperkuat sinergi anatara perguruan tinggi, pemerintah desa, dan masyarakat lokal. Dengan demikian pelatihan ini berkontibusti terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir khususnya pelaku UMKM di sekitar objek wisata serta mendorong terciptanya UMKM yang inovatif dan adaptif dalam mendukung perekonomian lokal serta mendukung pembangunan desa sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).
Copyrights © 2025