INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement
Vol 4 No 4 (2025)

Pelatihan Manajemen Pemasaran UMKM di Sekitar Objek Wisata Desa Likupang Dua Minahasa Utara

Manoppo, Viviane (Unknown)
Parasan, Pradipta Mandasari (Unknown)
Rumagit, Merry Christie Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat Pelatihan Manajemen Pemasaran UMKM di sekitar Objek Wisata di laksanakan di Desa Likupang Dua, Minahasa Utara dalam hal pengelolaan dan strategi pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi analisis situasi, dan penyampaian materi dengan ceramah interaktif serta diskusi. Materi yang diberikan mencakup manajemen pemasaran, strategi promosi, branding produk dan penggunaan media digital sebagai sarana pemasaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kapasitas literasi dan pengetahuan peserta. Sebanayak 87% peserta mengaku mendapatkan pemahaman baru terkait manajemen pemasaran UMKM. Kegiatan ini memperkuat sinergi anatara perguruan tinggi, pemerintah desa, dan masyarakat lokal. Dengan demikian pelatihan ini berkontibusti terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir khususnya pelaku UMKM di sekitar objek wisata serta mendorong terciptanya UMKM yang inovatif dan adaptif dalam mendukung perekonomian lokal serta mendukung pembangunan desa sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

income

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang dimuat dalam INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. Kegiatan ...