Perencanaan sekolah penggerak harus menjalankan langkah-langkah atau cara-cara tertentu agar perencanaan strategis dan operasionalnya dapat disusun secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan strategis sekolah sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian bahwa: Proses penyusunan rencana sekolah melalui masukan dan pertimbangan kepala sekolah, wakasek, guru, disusun mengacu SNP; komponen sekolah terlibat sesuai tupoksi; d) peran; e) melakukan evaluasi program berkelanjutan serta kendala program;. Proses penyusunan rencana operasional sekolah: a) disusun mendetail untuk jangka waktu setahun; komponen sekolah membuat program kerja tahunan; melakukan controlling sewaktu-waktu. Kesimpulan penelitian bahwa sekolah melakukan perencanaan strategis dan operasional namunbelummelakukan evaluasi terhadap renop secara komprehensif
Copyrights © 2025