Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya dalam membangun kedekatan dan motivasi belajar anak-anak (TK hingga kelas 6 SD) melalui Program Kegiatan Literasi Binaan Rumah Zakat. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan dan minat literasi di Indonesia, Padahal, literasi dan motivasi belajar adalah fondasi krusial bagi keberhasilan hidup dan perkembangan karakter anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung di lapangan dan wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Literasi Binaan Rumah Zakat telah berjalan dengan baik melalui serangkaian kegiatan terstruktur yang berfokus pada peningkatan kemampuan literasi, penguatan karakter, serta dukungan psikososial. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi: Literasi (Membaca dan Menulis), yang berfokus pada pembiasaan membaca rutin, peningkatan pemahaman kritis, dan pengembangan kreativitas, Mengaji Bersama (Iqro dan Al-Qur’an), untuk membekali anak dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, Kegiatan Menari, yang berfungsi sebagai strategi literasi budaya untuk memperkuat jati diri dan nilai sosial, dan Bermain Games, sebagai sarana utama untuk memicu daya cipta dan memperoleh pengetahuan baru. Secara keseluruhan, kegiatan literasi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak, tetapi juga berhasil membangun kedekatan, memicu motivasi belajar, serta mengembangkan karakter inovatif dan kreatif, yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2025