Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 2 (2025): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENERAPAN METODE TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR`AN DI TK MAMBAUL FALAH PAKAL SURABAYA

Halimatus, Muhammad Rifai (Unknown)
Ghozali, Solchan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2025

Abstract

This study examines how the tilawati approach is implemented at Mambaul Falah Pakal Kindergarten in Surabaya to improve students' Quran reading skills. The purpose of this study was to determine the factors that influence children's understanding of Quranic recitation and how the tilawati method can improve it. This study aimed to improve the quality of Quranic recitation at Mambaul Falah Pakal Kindergarten in Surabaya by implementing the tilawati approach. The research subjects were children and their guardians, as well as male and female teachers. The researchers used documentation, interviews, and observation to collect information. Structured data sharing, data interpretation, and editing were some of the methods used to prepare the data. Overall, the study shows that the implementation of the tilawati technique in Quranic pedagogy at Mambaul Falah Pakal Kindergarten in Surabaya has been quite successful. This is because both male and female teachers have a deep and comprehensive understanding of the tilawati technique. A conducive atmosphere for learning the Qur'an through the tilawati method, supporting facilities and infrastructure, as well as the desire of parents and students to learn to read the Qur'an are important aspects.   Penelitian ini mengkaji bagaimana pendekatan tilawati diterapkan di TK Mambaul Falah Pakal, Surabaya, untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman anak terhadap bacaan Al-Qur'an dan bagaimana metode tilawati dapat meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an di TK Mambaul Falah Pakal, Surabaya, dengan menerapkan pendekatan tilawati. Subjek penelitian adalah anak-anak dan wali mereka, serta ustadz dan ustadzah. Peneliti menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk mengumpulkan information. Pembagian data terstruktur, interpretasi data, dan penyuntingan merupakan beberapa metode yang digunakan untuk menyiapkan information. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik tilawati dalam pedagogi Al-Qur'an di TK Mambaul Falah Pakal di Surabaya telah cukup berhasil. Hal ini dikarenakan baik guru laki-laki maupun perempuan memiliki pemahaman yang mendalam dan komprehensif dalam menerapkan teknik tilawati. Suasana yang kondusif untuk belajar Al-Qur'an melalui metode tilawati, sarana dan prasarana pendukung, serta keinginan orang tua dan siswa untuk belajar membaca Al-Qur'an merupakan Aspek penting.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ela

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, terbit April dan September. Ini adalah jurnal yang terbit menyediakan forum bagi akademisi, praktisi, dan perwakilan masyarakat untuk mengeksplorasi masalah dan merenungkan praktik yang berkaitan dengan berbagai aktivitas yang ...