Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup berkelompok yang saling membutuhkan satu sama lain. Sebagai makhluk sosial dan hidup berkelompok dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak luput dari interaksi atau komunikasi. Partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan akademik merupakan sebuah indikator penting keberhasilan proses pendidikan di perguruan tinggi. Dengan adanya strategi komunikasi pendidikan yang baik, dapat membantu meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademik. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan mahasiswa cenderung masih rendah disebabkan oleh faktor komunikasi yang kurang efektif antara dosen, mahasiswa, dan institusi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi komunikasi pendidikan yang efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidikan yang efektif perlu menekankan pada aspek empati komunikator, keterbukaan pesan, media komunikasi digital yang interaktif, serta pola komunikasi dialogis. Komunikasi pendidikan yang partisipatif diyakini dapat menumbuhkan rasa memiliki, tanggung jawab, dan motivasi intrinsik mahasiswa terhadap kegiatan akademik sehingga partisipasi mahasiswa menjadi aktif.
Copyrights © 2025