Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 6 No. 3 (2025): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Implementasi Kurikulum Merdeka di Tengah Keterbatasan Sarana Prasarana: Studi Kasus di SD Tulus Bakti Palembang

Putri, Areefa Zahira (Unknown)
Ardiansyah, Muhamad (Unknown)
Satria, Indrian (Unknown)
Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi Kurikulum Merdeka di SD Tulus Bakti Palembang dalam konteks keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi proses pembelajaran, dokumentasi kondisi lingkungan sekolah, dan wawancara dengan guru serta kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan ruang kelas, minimnya alat peraga, dan fasilitas teknologi yang belum memadai. Meskipun demikian, guru-guru mampu beradaptasi melalui penggunaan bahan ajar sederhana, kolaborasi antar tenaga pendidik, dan peningkatan keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun implementasi Kurikulum Merdeka belum berjalan optimal, upaya adaptif guru berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus mendukung pembentukan Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasitematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah jurnal ilmiah yang menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian (research article) yang berfokus pada isu-isu terkini dalam praktik pendidikan, pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan sekolah dasar. Jurnal ini ...