Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematikdan respon mahasiswa terhadap pembelajaran matematika melalui media pembelajaran Games Asah Otak Modifikasi Berpikir Kritis. Penelitian ini dilaksanakan di Brain Academy Ruangguru Duren Sawit Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah quasieksperimen dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only Design dengan tambahan hasil observasi. Subyek penelitian berjumlah 65 siswa, 35 siswa kelaseksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling.Kemampuan Pemecahan dan respon siswa diukur dengan menggunakan observasi, angket dan test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara deskripsi, media pembelajaran Games Asah Otak Modifikasi Berpikir Kritis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. kemampuan pemecahan masalah matematik yang diajarkan dengan media pembelajaran Games Asah Otak Modifikasi Berpikir Kritis lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan cara biasa. Siswa menunjukkan respon positif yang sangat kuat terhadappenggunaan media pembelajaran Games Asah Otak Modifikasi Berpikir Kritis dalampembelajaran matematika.
Copyrights © 2022