Kepercayaan diri anak adalah sikap yakin dan percaya terhadap kemampuan yang dimilikiseseorang anak, .anak yang percaya diri akan merasa mampu untuk menyelesaikan tugas, danberani mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas(PTK) yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkanpembelajaran dikelas. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kepercayaan diri bagi anak,baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat. Kurangnya percaya diri akan menghambatpembentukan kepribadian dan potensi anak akan menjadi terkubur dan tidak berkembangsecara optimal sesuai dengan potensinya karena sifat kepercayaan dari merupakan salah satudasar anak untuk dimasa yang akan datang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelahmendapatkan kegiatan pembelajaran gerak dan lagu, menunjukkan adanya pengaruh positifdan signifikan dari peningkatan kepercayaan diri anak RA Ar Rahmaan. Peningkatan rata -ratakepercayaan diri pada anak usia 5-6 taun di RA Ar Rahmaan tahun ajaran 2021/2022 darisebelum tindakan siklus adalah sebesar 23,3%, dan sesudah dilakukan percobaan ataupelaksanaan siklus I meningkat menjadi 53,3%, dan dilakukan lagi percobaan siklus yangkedua maka dihasilkan peningkatan kepercayaan diri menjadi 90%. Oleh karena itu, dapatdisimpulkan bahwa “menggunakan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kepercayaandiri anak usia 5-6 tahun di RA Ar Rahmaan. Saran yang dapat peneliti sampaikan, hendaknyaguru mampu memberikan pembelajaran dan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan anak,diantaranya mampu memberikan kegiatan yang bermakna bagi anak, sehingga perilaku anakmenjadi perilaku yang baik dan penuh dengan kepercayaan diri.
Copyrights © 2023