IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 3 (2025): DESEMBER 2025

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusif: Sebuah Strategi untuk Mencegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Sekolah Dasar

Yahya, Amri (Unknown)
Kuswantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Kekerasan seksual adalah masalah serius dan sensitif yang memerlukan perhatian dan tindakan dari lintas sektor, termasuk di sekolah dasar. Pembelajaran PAI berbasis inklusif memiliki potensi yang signifikan dalam mencegah kekerasan seksual pada anak di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi potensi nilai-nilai inklusif Islam dalam dalam konteks pendidikan seksual dan perlindungan diri serta merancang pembelajaran PAI berbasis Inklusif untuk mencegah kekerasan seksual tehadap anak di tingkat sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian adalah pendekatan mixed method dengan desain eksperimen. Subyek utama pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Madusari 03. Hasil penelitian menunjukkan modul Pendidikan Agama Islam berbasis inklusif efektif meningkatkan pengetahuan, sikap protektif, dan keterampilan sosial siswa sekolah dasar dalam pencegahan kekerasan seksual. Skor rata-rata pretest–posttest naik dari 5,55 menjadi 5,75, sedangkan jawaban esai menunjukkan pemahaman lebih mendalam tentang batas tubuh pribadi, keberanian menolak perilaku tidak pantas, dan kesiapan melapor. Observasi dan wawancara mengungkap siswa lebih aktif, inklusif, serta guru dan kepala sekolah mendukung modul sebagai inovasi preventif sekolah ramah anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...