Jurnal Dedikasi
Vol 27, No 2 (2025): JURNAL DEDIKASI

PKM Pelatihan Cetak Sablon pada peserta didik SMK Negeri 3 Gowa

Alimuddin, Alimuddin (Unknown)
Lugis, M. Muhlis (Unknown)
Rasul, Rasul (Unknown)
Priyarmadhy, Andry (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

SMK Negeri 3 Gowa sebagai lembaga pendidikan bertujuan mencetak lulusan yang siap pakai dan terampil sehingga perlu membekali peserta didik dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia industri. Selama ini masih kurang diberikan kompetensi yang dapat mendukung agar proses kreatifnya dapat lebih meningkat dan berkembang untuk menghasilkan produk atau karya sesuai bidang kejuruanya. Alternatif yang harus dilakukan pada peserta didik SMK Negeri 3 Gowa dengan memberikan kompetensi keterampilan tambahan melalui kegiatan pelatihan cetak sablon. Pengetahuan cetak sablon sebagai keterampilan yang dapat menjadi peluang untuk bekerja pada industri percetakan. Manfaat diadakannya pelatihan ini yaitu; 1) Memperkaya keterampilan teknis yang penting dalam bidang desain terutama untuk produksi cetak sablon, 2) Meningkatkan kreativitas peserta didik dalam membuat karya desain yang menarik sesuai dengan produksi cetak sablon, 3). Meningkatkan semangat wirausaha peserta didik untuk membuka usaha mandiri di bidang percetakan. Metode yang digunakan dalam pelatihan cetak sablon ini yaitu; 1) Ceramah mengenai tata cara penggunaan alat dan bahan cetak saring, 2) Demonstrasi untuk memperlihatkan cara kerja cetak sablon kepada peserta, (3) Tanya jawab untuk mendapatkan umpan balik dari peserta.Kata kunci: Pelatihan, cetak, sablon

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...