Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 5 No 1 (2026): Januari 2026

PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MODERN: TINJAUAN SISTEMATIS LITERATUR 2020-2025

Syahputra, Fahmy (Unknown)
Sabrina, Elsa (Unknown)
Manurung, Ricardo (Unknown)
Tarigan, Ray Rivandi (Unknown)
Tarigan, Gabriel Frandika (Unknown)
Perdana, Nugraha Aditama Putra (Unknown)
Zai, Frans Pratamarifai Doya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam memperbarui sistem pendidikan modern dengan menggunakan metode studi literatur sistematis. Pemilihan literatur dilakukan melalui teknik purposive sampling terhadap 18 artikel ilmiah nasional dan internasional periode 2020–2025 yang relevan dengan topik pemanfaatan AI dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan dianalisis berdasarkan lima tema utama: konsep AI dalam pendidikan, implementasi AI dalam proses belajar, kontribusi AI terhadap pembaruan pendidikan, hambatan dalam penerapan AI, serta prospek pengembangan teknologi cerdas di masa depan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa AI berperan besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui sistem adaptif, tutor virtual, rekomendasi materi otomatis, dan evaluasi berbasis data. Teknologi ini juga membantu meningkatkan kreativitas dan literasi digital peserta didik serta memperluas akses pembelajaran melalui platform digital. Di sisi lain, penerapan AI masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kesenjangan kompetensi digital pendidik, dan isu etika mengenai keamanan data dan ketergantungan berlebih pada teknologi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menegaskan bahwa meskipun terdapat kesenjangan yang nyata antara kemajuan inovasi teknologi dengan kesiapan infrastruktur dan pedagogis di lapangan, AI berpotensi kuat untuk mendukung transformasi pendidikan secara menyeluruh, namun diperlukan strategi implementasi yang tepat, termasuk penguatan kebijakan, peningkatan kompetensi guru, dan pemerataan infrastruktur digital.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...