BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN MEDIA PEMAINAN UNTUK MEMOTIVASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Mahendra, Syafi' Habibi (Unknown)
Sari, Dhita Ayu Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan BIBI BLOOD ADVENTURE terhadap motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 38 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian preeksperimental yang termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, angket, dan tes tulis. Observasi berupa data keterlaksanaan pembelajaran, angket berupa data hasil motivasi siswa menggunakan indikator ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction), dan tes tulis berupa data hasil pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran di kelas pada pertemuan pertama dan kedua yang diamati oleh tiga observer menujukkan kategori terlaksana dengan baik. Motivasi belajar siswa menggunakan indikator ARCS menunjukkan motivasi belajar siswa tinggi. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan kognitif diukur dengan menggunakan perhitungan N-Gain. Hasil belajar siswa menunjukkan 9 siswa mendapat peningkatan hasil belajar denganĀ  kategori tinggi dan 21 siswa mendapat peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan BIBI BLOOD ADVENTURE dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...