BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENGARUH KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 24 AMPENAN

Oktaviani, Widia (Unknown)
Husniati (Unknown)
Aisa Nikmah Rahmatih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penggaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media domino card terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 24 Ampenan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen tipe nonequivalent control grup design. Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas VI. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Untuk menguji hasil belajar IPA siswa, dilakukan menggunakan uji-t dengan teknik uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media domino card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai = 2,755 ? nilai = 2.016. Karena ? , maka hipotesis alternatif (H?) diterima dan hipotesis nol (H?) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media domino card terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 24 Ampenan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...