BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

EFEKTIVITAS MODUL BENTUK MOLEKUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE F SMA

Humaira, Zulfa (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Pembelajaran bentuk molekul yang abstrak menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas modul bentuk molekul berbasis Project Based Learning (PjBL) terintegrasi Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design yang melibatkan 40 peserta didik kelas XI SMAN 9 Padang. Data dianalisis menggunakan uji N-gain dan independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,64 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,31 dengan nilai Thitung (4,395794) > Ttabel (2,02809). Disimpulkan bahwa modul berbasis PjBL-AR efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...