BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

EFEKTIVITAS E-MODUL INTERAKTIF LARUTAN PENYANGGA BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MEMBACA DAN NUMERASI PESERTA DIDIK FASE F SMA

Izzati, Fitria (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Materi larutan penyangga bersifat abstrak, aplikatif, dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas e-modul interaktif larutan penyangga berbasis guided discovery learning terhadap peningkatan literasi membaca dan numerasi peserta didik. Jenis penelitian yaitu Quasi eksperiment dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII fase F di SMAN 12 Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas eksperimen XII FL-8 dan kelas kontrol XII FL-2. Instrument tes berupa soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain untuk literasi membaca kelas eksperimen (0,60) dan kelas kontrol (0,51), sedangkan literasi numerasi kelas eksperimen (0,34) dan kelas kontrol (0,31). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan t hitung literasi membaca (2,59) dan numerasi (2,32) > t tabel (1,99), sehingga disimpulkan bahwa e-modul interaktif larutan penyangga berbasis guided discovery learning efektif dalam meningkatkan literasi membaca dan numerasi peserta didik fase F SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...