Analysis : Journal of Education
Vol 3 No 2 (2025)

Implementasi Pendidikan Nilai Solidaritas Sosial Melalui Kegiatan Edukasi Inklusi

Rahma Aulia Irmiati (Unknown)
Khasanah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Pendidikan inklusif memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai sosial seperti empati, solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan nilai solidaritas sosial melalui kegiatan Edukasi Inklusi dan Difabel (EKSKLUSIF) yang diselenggarakan oleh UKM F Literasi Pendidikan di SLB Negeri Pekalongan, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter sosial peserta didik berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan EKSKLUSIF efektif menanamkan nilai-nilai solidaritas sosial melalui interaksi kolaboratif antara mahasiswa dan siswa, mencakup empati, kepedulian sosial, gotong royong, dan kesetaraan. Implementasi nilai-nilai tersebut tercermin dalam setiap tahap kegiatan, mulai dari ice breaking, pengenalan materi, praktik menanam, hingga sesi refleksi, sehingga memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan aplikatif. Kegiatan ini mencerminkan prinsip solidaritas organik Émile Durkheim, di mana perbedaan peran dan kemampuan peserta saling melengkapi untuk membangun kohesi sosial. Dampak kegiatan dirasakan oleh siswa melalui peningkatan rasa percaya diri, penerimaan, dan kebersamaan, serta bagi mahasiswa melalui peningkatan kesadaran sosial, moral, dan kemampuan membangun lingkungan inklusif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pendidikan nilai solidaritas sosial berbasis praktik dan interaksi langsung sebagai model pendidikan karakter inklusif yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

analysis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Analysis is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...