Penelitian ini mengkaji penerapan nilai-nilai kemandirian siswa melalui kegiatan Praktik Pengamalan Ibadah (PPI) di MTs Islamiyah Palangka Raya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana nilai disiplin, tanggung jawab, dan inisiatif dikembangkan melalui proses PPI sebagai bagian dari pembentukan karakter religius dan kemandirian spiritual siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemandirian siswa terbentuk melalui pembiasaan, keteladanan guru, dan keterlibatan aktif siswa dalam pelaksanaan ibadah rutin. Nilai disiplin tercermin dari kebiasaan ketepatan waktu dan keteraturan ibadah, tanggung jawab melalui pelaksanaan tugas yang diberikan, serta inisiatif melalui keberanian siswa mengambil peran tanpa arahan langsung. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa kegiatan PPI efektif dalam membentuk karakter religius dan kemandirian spiritual siswa di madrasah.
Copyrights © 2025