Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 11 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh Penilaian Kinerja Guru, Motivasi , dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Kongbeng

Purwanti, Indah Ratna (Unknown)
Br Situmorang, Yustina Romaida Efrianti (Unknown)
Masruhim, Muh. Amir (Unknown)
Warman, Warman (Unknown)
Hidayanto, Dwi Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penilaian kinerja guru, motivasi kerja, dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Kongbeng. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori melalui survei kuesioner skala Likert kepada seluruh populasi (sampling jenuh) berjumlah 32 responden. Instrumen dinyatakan valid (r_hitung > r_tabel) dan reliabel (Cronbach’s Alpha 0,86–0,91). Uji asumsi klasik menunjukkan data memenuhi normalitas, bebas multikolinearitas (VIF 1,406–1,557), bebas heteroskedastisitas, serta tidak terdapat autokorelasi (DW 1,921). Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 5,214 + 0,321X1 + 0,287X2 + 0,402X3, dengan koefisien determinasi R² = 0,619 yang mengindikasikan 61,9% variasi kinerja mengajar dijelaskan oleh ketiga variabel independen. Uji parsial (t) menunjukkan penilaian kinerja (β=0,321; p=0,011), motivasi kerja (β=0,287; p=0,013), dan kompetensi pedagogik (β=0,402; p=0,003) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja mengajar. Uji simultan (F=18,742; p<0,001) menegaskan pengaruh bersama yang signifikan. Temuan menempatkan kompetensi pedagogik sebagai prediktor terkuat, diikuti penilaian kinerja dan motivasi kerja. Implikasi praktisnya, sekolah perlu memperkuat sistem penilaian kinerja yang akuntabel, program peningkatan motivasi, serta pelatihan pedagogik berbasis kebutuhan untuk mengakselerasi mutu pembelajaran kejuruan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...