Jurnal Edukatif
Vol 3 No 2 (2025)

Persepsi Mahasiswa terhadap Kesulitan Penggunaan Metode Hungarian dalam Menyelesaikan Persoalan Penugasan

Pebriani, Sarah Rizki (Unknown)
Saputri, Saputri (Unknown)
Khairiah, Irmayati (Unknown)
Nazila, Ila (Unknown)
Br Ginting, Siti Salamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Metode Hungarian merupakan salah satu algoritma penting dalam menyelesaikan persoalan penugasan pada mata kuliah Program Linier. Namun, tidak semua mahasiswa mampu memahami dan menerapkan metode ini dengan baik karena kompleksitas langkah-langkah teknis yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap tingkat kesulitan penggunaan metode Hungarian serta mengidentifikasi bagian-bagian yang dianggap paling menantang. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan instrumen angket yang disebarkan kepada 30 mahasiswa Program Studi Matematika Semester VI yang telah mempelajari metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sering mengalami kekeliruan pada tahap reduksi baris dan kolom (73%), kesalahan penyusunan tabel penugasan (46,7%), dan penentuan penugasan optimal (60%). Selain itu, faktor psikologis seperti rasa frustrasi dan kurang percaya diri juga memengaruhi proses belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran berbasis latihan dan pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman serta kesiapan mental mahasiswa dalam menyelesaikan soal berbasis algoritma. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam penyusunan metode pengajaran yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa. Kata kunci: Metode Hungarian, persepsi mahasiswa, kesulitan belajar, program linier, penugasan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukatif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...