Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA JERMAN

Usman, Misnawaty (Unknown)
Garim, Idawati (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Jerman di Indonesia, khususnya pada aspek penguasaan kosakata, memerlukan strategi komunikasi instruksional yang efektif. Kosakata merupakan fondasi utama dalam keterampilan berbahasa dan berperan penting dalam kemampuan membaca, menulis, berbicara, serta mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan komunikasi instruksional dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa komunikasi instruksional yang melibatkan media visual dan audio, dialog, simulasi, pengulangan, serta pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan pemahaman dan retensi kosakata siswa. Namun demikian, beberapa hambatan seperti keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa, minimnya media pembelajaran, dan rendahnya motivasi belajar masih menjadi tantangan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan pendekatan yang adaptif dan inovatif dalam menyampaikan materi kosakata agar proses belajar menjadi lebih interaktif dan bermakna. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran bahasa asing yang lebih efektif, khususnya dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...