Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh penerapan teknik demonstrasi terhadap pemahaman materi ibadah pada siswa di SD negeri 173 palembang

natalia, Jesika (Unknown)
Alfajri, Muhammad (Unknown)
Rosyada, Amrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik demonstrasi terhadap pemahaman materi ibadah pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Data dikumpulkan melalui tes pemahaman dan observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman siswa yang diajar menggunakan teknik demonstrasi dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam aspek pemahaman konseptual dan praktik ibadah. Hal ini menunjukkan bahwa teknik demonstrasi efektif dalam membantu siswa memahami materi ibadah secara lebih konkret dan aplikatif. Dengan demikian, guru PAI disarankan untuk menerapkan teknik demonstrasi secara terencana dan berkesinambungan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap materi ibadah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...