Guru bukannya menjadi pendidik tetapi berperan penting dalam membingbing dan pengawasan kepada peserta didik, guru pendidikan agama Islam sangatlah berperan penting dalam meningkatkan kualitas keagamaan peserta didik nya, dalam hal ini seorang guru mimiliki strategi tersendiri dalam mengomtimalkan pelaksanaa shalat zuhur berjama’ah di sekolah MAN 3 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan pelaksanaan shalat zuhur berjama’ah serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru pendidikan Agama Islam dan beberapa peserta didik MAN 3 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan pelaksanaan shalat zuhur berjama’ah meliputi beberapa langkah, yaitu: (1) melakukan absensi kehadiran siswa, (2) memberikan motivasi secara rutin, (3) membiasakan siswa untuk melaksanakan shalat berjama’ah tepat waktu, (4) memberikan hukuman yang bersifat edukatif, (5) memberikan pembinaan dan nasihat secara berkelanjutan, serta (6) adanya guru piket yang mengontrol pelaksanaan shalat. Faktor pendukung pelaksanaan program ini antara lain adanya sarana prasarana yang memadai, kekompakan guru, dan sistem piket yang berjalan baik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran sebagian siswa serta tidak adanya pengawasan ketika guru piket berhalangan hadir.
Copyrights © 2025