Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

STUDI ANALISA KEMAMPUAN LIGHTNING ARRESTER UNTUK PENGAMAN TRANSFORMATOR PADA GARDU INDUK PIP 150 kV PADANG PARIAMAN

Rahmi, Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan lightning arrester untuk melindungi transformator pada Gardu Induk PIP 150 kV Padang Pariaman. Latar belakang penelitian adalah kebutuhan sistem penyaluran tenaga listrik yang stabil menghadapi sambaran petir berulang di wilayah garis khatulistiwa. Penelitian bertujuan menentukan efektivitas arrester tipe PH 3170GV132 dalam membatasi tegangan lebih dan menganalisis jarak optimal penempatan terhadap transformator PAUWELS 60 MVA. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi analisa menggabungkan literatur, konsultasi ahli, dan survei lapangan. Populasi penelitian mencakup seluruh peralatan proteksi Gardu Induk PIP 150 kV, sedangkan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling terhadap lightning arrester dan transformator yang diteliti. Instrumen penelitian menggunakan data spesifikasi teknis dari nameplate peralatan dan dokumentasi gardu induk. Analisis data menggunakan perhitungan teknis berdasarkan persamaan impedansi surja, tegangan percik arrester, kecepatan gelombang berjalan, dan jarak maksimum penempatan sesuai standar SPLN 7:1978. Hasil penelitian menunjukkan arrester memberikan margin proteksi 50 persen dengan faktor perlindungan 76,9 persen, jarak optimal 28,5 meter, dan arus pelepasan 2,20 kA sehingga memenuhi standar keamanan. Kesimpulannya, sistem proteksi Gardu Induk PIP 150 kV telah diimplementasikan dengan baik mengikuti prinsip koordinasi isolasi yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...