Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP

Darmawan, Didit (Unknown)
Arrizhma, Mujia (Unknown)
Luthfiyyah, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Pendidikan adalah kunci untuk mewujudkan manusia yang kompetitif dan unggul. Namun, Indonesia masih menghadapi banyak masalah, baik internal (seperti kompetensi dan kreativitas guru) maupun eksternal (seperti fasilitas belajar yang tidak memadai). Tujuan studi ini adalah untuk menyelidiki bagaimana hasil belajar siswa sekolah menengah pertama dipengaruhi oleh inovasi guru dan sumber belajar. Studi ini menganalisis berbagai sumber akademik, termasuk buku referensi, jurnal ilmiah, dan artikel penelitian relevan, menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR) dengan teknik deskriptif kualitatif. Temuan penelitian mengatakan bahwa fasilitas belajar adanya pengaruh positif dan positif terhadap hasil belajar siswa, terutama ketika didukung oleh infrastruktur yang memadai, peralatan, dan bahan belajar yang memadai. Namun, pengaruh ini tidak selalu konsisten; beberapa studi menunjukkan fasilitas belajar memiliki pengaruh yang rendah atau tidak signifikan, yang mengindikasikan adanya peran faktor lain (motivasi internal siswa dan kualitas pengajaran). Penelitian tambahan menunjukkan bahwa inovasi guru seringkali memiliki dampak besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Motivasi dan pemahaman siswa dapat ditingkatkan oleh guru yang mampu menerapkan strategi pengajaran kreatif, memanfaatkan bahan ajar dengan baik, dan menciptakan lingkungan belajar yang menarik. Sehingga, sinergi antara pemanfaatan fasilitas belajar dan pengembangan kreativitas guru sangat penting untuk mendukung keberhasilan siswa SMP. Pengaruh ini tidak selalu konstan; penelitian lain menunjukkan bahwa fasilitas belajar memiliki dampak yang kecil atau bahkan tidak ada, menyarankan bahwa faktor lain seperti motivasi internal siswa dan kualitas pengajaran memainkan peran yang lebih besar. Berdasarkan penelitian lebih lanjut, kreativitas guru seringkali secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi dan pemahaman siswa dapat ditingkatkan oleh guru yang mampu menerapkan strategi pengajaran inovatif melalui penggunaan sumber daya pengajaran berkualitas tinggi dan penciptaan lingkungan belajar yang menarik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...