Renjana Pendidikan Dasar
Vol 5 No 4 (2025): Edisi November 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nadila, Risca (Unknown)
Asnawi (Unknown)
Ayudia, Inge (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang terintegrasi dengan kearifan lokal masih sedikit diterapkan ditingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kevalidan, praktikalitas dari media pembelajaran ludo digital berbasis kearifan lokal. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), yang memakai model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri 3 Langsa yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menyatakan pengembangan media pembelajaran ludo digital berbasis kearifan lokal dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE), hasil uji kevalidan dari validasi materi mendapatkan 80% berkategori “Valid”, validasi bahasa mendapatkan 100% berkategori “Sangat Valid”, validasi media mendapatkan 90% berkategori “Sangat Valid” serta hasil praktikalitas dari angket guru mencapai 96% berkategori “Sangat Praktis”, serta angket siswa mencapai 83,62% berkategori “Sangat Praktis”. Media pembelajaran ludo digital berbasis kearifan lokal ini sangat valid serta sangat praktis dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dikelas IV SD Negeri 3 Langsa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...