Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Student on Sandeq sebagai Medium Pendidikan Karakter Berdasarkan Kearifan Lokal Masyarakat Mandar

Irfan, Muhammad (Unknown)
Saldin, Saldin (Unknown)
Alimuddin, Hardiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Student On Sandeq (SOS) merupakan program pendidikan karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Mandar yang memanfaatkan perahu sandeq sebagai media pembelajaran. Melalui pendekatan eksperiensial, program ini bertujuan menanamkan nilai-nilai kemaritiman seperti keberanian, kolaborasi, dan kecintaan lingkungan kepada generasi muda di Sulawesi Barat. Artikel ini menganalisis implementasi SOS selama tiga tahun (2022–2024) dengan fokus pada: (1) transformasi pengetahuan tradisional pelaut Mandar menjadi materi pendidikan karakter, (2) dampak kegiatan terhadap pembentukan sikap peserta, dan (3) keberlanjutan program sebagai model pendidikan berbasis budaya. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SOS berhasil mengintegrasikan tujuh nilai karakter utama (percaya diri, empati, kesetaraan, dll.) melalui aktivitas kebaharian yang terstruktur. Tantangan utama terletak pada aspek institusionalisasi program ke dalam sistem pendidikan formal. Artikel ini menyimpulkan bahwa SOS menawarkan kerangka kerja praktis untuk pendidikan karakter kontekstual yang relevan dengan masyarakat pesisir.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...