Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Analisis Kredibilitas Komunikator dalam Film Sisterillah: Cita Cinta Muslimah Berdasarkan Teori Carl I. Hovland

Selian, Rahma Yani (Unknown)
Anita, Anita (Unknown)
Sari, Fitri Meliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredibilitas komunikator dalam film Sisterlillah: Cita Cinta Muslimah dengan menggunakan teori komunikasi persuasif Carl I. Hovland. Film ini dipilih karena memadukan nilai dakwah dalam alur naratif yang dekat dengan kehidupan remaja muslimah. Pendekatan kualitatif interpretatif digunakan untuk menafsirkan tanda visual, verbal, dan simbolik yang muncul dalam film melalui analisis semiotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur ethos menjadi komponen dominan melalui karakter Rara yang ditampilkan sebagai sosok berakhlak, konsisten, dan dapat dipercaya. Unsur pathos muncul melalui konflik emosional Mala yang menggambarkan pergulatan identitas dan proses hijrah, sementara logos terlihat pada dialog yang memberikan alasan logis terkait pilihan hidup islami. Integrasi ketiga unsur tersebut membuat pesan dakwah tersampaikan secara halus, relevan, dan tidak menggurui. Penelitian ini menyimpulkan bahwa film pendek islami memiliki potensi besar sebagai media dakwah kontemporer yang efektif bagi generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...