Media sosial memainkan peran yang signifikan dalam perkembangan karakter siswa. Di satu sisi, platform ini bisa berfungsi sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai moral apabila dimanfaatkan dengan bijak, tetapi di sisi lain, bisa merusak nilai-nilai tersebut jika digunakan dengan cara yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak media sosial terhadap karakter siswa di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka, dengan menganalisis berbagai referensi ilmiah yang berkaitan. Temuan penelitian menekankan betapa krusialnya peran orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka saat berinteraksi dengan media sosial. Orang tua harus aktif untuk mengawasi dan mengarahkan siswa agar dapat menggunakan media sosial secara bijaksana, mengajarkan prinsip etika sosial, serta membantu mereka menyadari dampak dari karakter mereka. Diperlukan pendekatan yang seimbang dalam pemanfaatan media sosial, serta usaha yang berkelanjutan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat. Pendidikan yang diberikan oleh orang tua terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan karakter siswa. Dengan dukungan dan pengenalan literasi digital yang tepat dari orang tua, media sosial juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengembangkan nilai karakter yang positif.
Copyrights © 2025