Cakrawala
Vol 4, No 2 (2025): Desember

Analisis literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri Teluk Dalam 1 pada materi pembagian puluhan dan ratusan

Nurazijah, Siti (Unknown)
Kamaliyah, Kamaliyah (Unknown)
Noorbaiti, Rahmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri Teluk Dalam 1 dalam menyelesaikan masalah pada materi pembagian puluhan dan ratusan, serta mengkaji pencapaian literasi matematika berdasarkan indikator level 2 dari PISA, yaitu mengenali situasi, mengambil informasi, menunjukkan pemahaman, dan meninjau jawaban. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang terdiri dari lima soal berbasis konteks dunia nyata yang dirancang untuk mengukur keempat indikator literasi matematika tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, literasi matematika siswa berada dalam kategori sedang, dengan rata-rata skor sebesar 36,5. Sebanyak 50% siswa tergolong dalam kategori tinggi, 25% dalam kategori sedang, dan 25% dalam kategori rendah. Indikator mengenali situasi dan mengambil informasi memiliki tingkat pencapaian lebih tinggi dibandingkan indikator menunjukkan pemahaman dan meninjau jawaban. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa mampu mengenali permasalahan dan mengambil data dari soal, mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memeriksa kembali solusi yang dihasilkan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan instrumen literasi matematika yang kontekstual dan sesuai dengan kemampuan kognitif siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi acuan dalam merancang pembelajaran yang lebih bermakna dan berorientasi pada pemecahan masalah dunia nyata

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics

Description

CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan ...