Transformasi digital telah menjadi elemen penting dalam memperkuat daya saing UMKM dalam era ekonomi berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemasaran digital dan kaitannya dengan transformasi digital terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Sambell Pelcell Niki Elco Madiun dalam proses peralihan sistem pemasaran dari offline ke online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif Data primer diperoleh melalui distribusi kuesioner kepada 97 responden konsumen yang telah melakukan pembelian selama tahun 2025. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pemasaran digital dan transformasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, baik secara parsial maupun simultan. Variabel pemasaran digital terbukti memiliki pengaruh dominan terhadap peningkatan penjualan dibandingkan dengan hubungan transformasi digital. Temuan ini menyiratkan bahwa optimalisasi strategi pemasaran digital yang disertai dengan hubungan teknologi dan kompetensi digital pelaku bisnis merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kinerja penjualan UMKM yang bertransisi ke platform daring.
Copyrights © 2025