Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2 Majene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Majene yang berjumlah 71 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling, sampel dari penelitian ini sebanyak 71 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Variabel kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2. Variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2. Variabel kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2 Majene.
Copyrights © 2025