Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 6 No. 1 (2025): Vol 6 No 1 November 2025

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Majene.

Maghfira (Unknown)
Nuraisyiah (Unknown)
Azwar Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2 Majene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Majene yang berjumlah 71 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling, sampel dari penelitian ini sebanyak 71 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Variabel kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2. Variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2. Variabel kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 2 Majene.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...