Penelitian ini bertujuan unutk melihat bagaimana pembelajaran sosiologi di MAN 1 Makassar menunjukkan kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif untuk membantu siswa memahami konsep yang bersifat abstrak. Penelitian ini membahas efektivitas penggunaan Baamboozle sebagai media berbasis permainan kuis dalam meningkatkan minat dan keterlibatan siswa. Baamboozle menawarkan tampilan visual yang jelas, penilaian otomatis, serta aktivitas kelompok yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media ini mendorong perhatian siswa, meningkatkan motivasi belajar melalui elemen permainan, serta membantu mereka menghubungkan teori sosiologi dengan fenomena nyata. Selain itu, Baamboozle memberikan fleksibilitas bagi guru dalam menyesuaikan tingkat kesulitan dan variasi soal. Temuan ini memperlihatkan bahwa Baamboozle efektif digunakan dalam pembelajaran sosiologi, terutama pada siswa yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap teknologi digital. Media ini terbukti memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa.
Copyrights © 2025