Pembelajaran IPS di SD/MI memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan sosial, berpikir kritis, dan pemahaman siswa terhadap lingkungan sekitar. Lingkungan sebagai sumber belajar memberikan pengalaman nyata yang dapat menghubungkan konsep materi dengan kehidupan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa SD/MI. Penelitian menggunakan metode studi literatur dengan mengkumpulkan, menganalisis, dan membandingkan berbagai referensi seperti buku, jurnal, dan temuan penelitian terdahulu yang relevan dengan topik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep siswa karena mereka terlibat langsung dalam kegiatan observasi, eksplorasi, dan interaksi dengan fenomena sosial di sekitar mereka. Selain itu, pendekatan ini mendorong siswa mengembangkan pola pikir kritis, kreativitas, serta kemampuan sosial melalui pengalaman belajar kontekstual. Namun, pemanfaatan lingkungan juga memiliki kendala seperti kondisi lingkungan yang berubah, perbedaan karakteristik geografis, serta kebutuhan persiapan dan kompetensi guru yang lebih kompleks. Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis lingkungan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS, dengan catatan adanya dukungan dari guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat agar pembelajaran kontekstual dapat diterapkan secara maksimal dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025